Berita Terbaru

Metode Tahfidz

Metode pengajaran dari pondok pesantren Al-Munawwir kompleks T, Asy-Syathibi dalam memimbing dan mendidik penghafal Al-Qur’an, menggunakan metode Syathibi.

Metode ini pertama kali dikenalkan oleh beliau Romo Kyai Muhammad Munawwir, Al-Hafidz. Metode ini mengharuskan seorang santri untuk setoran Al-Quran setiap harinya sebanyak ¼ juz, atau 5 halaman, atau 2 ½ lembar. Setoran sendiri dibagi menjadi 3 (dua). Setoran tersebut diantaranya :


1. Setoran ba’da Subuh

Pada sesi ini, santri diwajibkan bangun subuh atau sebelumnya, kemudian melaksanakan sholat subuh berjamaah disambung berdzikir pagi hari. Setelah selesai berdzikir, santri menyetorkan al-Quran sebanyak ¼ juz atau 5 halaman.

Setoran sendiri, dibimbing langsung oleh beliau Romo Kyai Muhammad Munawwir, Al-Hafidz. Kesempurnaan hafalan, kesempurnaan tajwid dan makhroj, menentukan naik tidaknya hafalan. Apabila santri membaca (setoran bil ghoib) dengan baik maka akan dipersilahkan ke ¼ juz berikutnya.

Apabila santri belum lancar maka diwajibkan untuk setoran ¼ juz yang sama di kemudian hari. Setoran dilaksanakan setiap hari kecuali hari kamis malam dan jumat pagi. Pada hari tersebut libur yang diperuntukkan untuk merefreskan fikiran.

Proses setoran bagi santri baru dimulai dengan surat al-fatihah, disambung bacaan tasyahud, kemudian mulai dengan juz amma (juz 30). Setelah selesai dengan juz 30, setoran dimulai dengan surat pilihan berurutan, yakni surat yasiiin, surat Ar-Rohman, surat Al-Waqiah dan surat al-Mulk.

Setelah selesai dengan surat al-Mulk, dilanjutkan mulai setoran mulai juz 1, dari al-Fathihah, al-baqoroh, ali Imron dan seterusnya khatam. Setiapkali setoran, santri diwajibkan menyetor ¼ juz.

Dengan metode ini, maka secara matematis apabila santri tersebut lancar terus dalam proses setoran, maka dengan al-Quran 30 juz yang terdiri dari 120 seperampat juzan, maka santri tersebut dapat menghafal al-quran selama 120 hari.

Apabila 1 minggu di setoran selama 6 hari (1 hari libur), maka santri tersebut dapat menyelesaikan hafalan al-Quran dari nol selama 120 hari atau 3 bulan. Subhanalloh, mu’jizat al-Quran, apabila kita bersungguh-sungguh, tidak ada yang tidak mungkin bagi Alloh Subhanahu wa ta’ala.


2. Setoran Ba’da Maghrib

Untuk setoran ba’da Maghrib, dilaksanakan  berupa takror dan mengulang hafalan dan dibimbing langsung oleh Romo Kyai Muhammad Munawwir dengan metode Syathibi. Santri diwajibkan mengulang hafalan yang telah di hafal sebanyak ¼ juz setiap harinya.

Apabila santri membaca (setoran bil ghoib) dengan baik maka akan dipersilahkan ke ¼ juz berikutnya, sedangkan apabila santri belum lancar maka diwajibkan untuk setoran ¼ juz yang sama di kemudian hari.

Dengan demikian, hafalan yang telah dibaca santri dapat terjaga dengan baik, insyaAlloh, dengan ijin Alloh subhanahu wa ta’ala.


3. Setoran Ba’da Isya’

Untuk setoran ba’da isya, dilaksanakan dan dibimbinb langsung oleh Romo Kyai Muhammad Munawwir dengan metode Syathibi. Santri diwajibkan mengulang hafalan yang telah di hafal sebanyak ¼ juz setiap harinya.

Apabila santri membaca (setoran bil ghoib) dengan baik maka akan dipersilahkan ke ¼ juz berikutnya, sedangkan apabila santri belum lancar maka diwajibkan untuk setoran ¼ juz yang sama di kemudian hari.


4. Setoran hari ahad

Pada setoran kali ini, dalam bentuk tampil di depan dan menyetorkan hafalan yang telah di hafal sebanyak 1 juz atau 5 juz sekaligus tergantung dari berapa juz yang telah dihafal santri.

Setoran tersebut selain di simak oleh Romo Kyai Muhammad Munawwir juga disimak oleh santri-santri yang lain. Hal ini membuat semangat menghafal semakin baik dan hafalan santri semakin kuat.

Demikian sedikit yang dapat kami utarakan tentang metode menghafal al-qur’an dengan metode asy-syathibi. Kami tunggu anda dan putra-putri anda untuk bergabung bersama kami, menghafal Al-Qur’anul kariim. Semoga kita menjadi keluarga penjaga Al-Qur’an.

Wallahu a’alamu bishowwab.

dr. M. Wiwid Santiko

Selamat datang di www.syathibi.com, official website PP. AlMunawwir Kompleks T, Asy-Syathibi.
Semoga Anda memetik manfaat dari website ini.
Mengakar Kuat, Menjulang Tinggi.

Latest posts by dr. M. Wiwid Santiko (see all)